Roy Suryo Tuding Meme Stupa Mirip Presiden Joko Widodo

Roy Suryo Tuding Meme Stupa Mirip Presiden Joko Widodo

Roy Suryo Tuding Meme Stupa Mirip Presiden Joko Widodo – Seorang mantan politikus Demokrat Roy Suryo bakal dilaporkan ke polisis soal dirinya yang mengunggah meme foto stupa Candi Borobudur yang mirip wajah Presiden Jokowi.

Roy Suryo dilaporkan ke polisi soal postingan meme patung Buddha di Candi Borobudur yang telah diedit mirip dengan Presiden Jokowi. Ia juga dianggap telah melakukan penodaan terhadap umat Buddha karena ikut menyebarluaskan meme tersebut ke media sosial. Dalam unggahan itu, Roy Suryo telah menyinggung soal kenaikan harga tiket naik ke Candi Borobudur jadi Rp 750 ribu.

“Mumpung akhir pekan, ringan2 saja Twit-nya. Sejalan dgn Protes Rencana Kenaikan Harga Tiket naik ke Candi Borobudur (dari 50rb) ke 750rb yg (sdh sewarasnya) DITUNDA itu, Banyak Kreativitas Netizen mengubah Salahsatu Stupa terbuka yg Ikonik di Borobudur itu, LUCU, he-3x 🤣 AMBYAR,” tulis Roy Suryo.

Dalam unggahan itu juga, Roy Suryo menyertakan dua foto meme stupa Candi Borobudur yang sudah diedit mirip presiden Jokowi dan disertai kalimat hinaan. Unggahan itu pun telah dibanjiri kritik oleh netizen, ia juga dianggap telah melecehkan, baik itu presiden Jokowi maupun umat Buddha. Banyak yang mengganggap bahwa meme yang ia unggah tidak lucu sama sekali, bahkan cenderung menghina.

Baca Juga : Javier Roca Sindir Wasit,Pelatih Arema FC Anggap Sah Penalti Kontroversial

Kuasa hukum mantan Menteri Pemuda dan Olahrga (Menpora) Roy Suryo, Pitra Romadhoni Nasution mengungkapkan bahwa dalam kasus unggahan foto stupa Candi Borobudur yang diedit dengan wajah Presiden Joko Widodo (Jokowi), membuat kliennya tidak dapat dipidana. Menurut Pitra, hal itu lantaran Roy Suryo bukanlah orang yang sudah membuat atau mengedit foto itu. Ia juga mengungkapkan penetapan tersebut sesuai dengan pasal 10 ayat 1 dan ayat 2 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2014 tentang Perlindungan Saksi dan Korban serta Surat Edaran Kapolri Nomor SE/2/11/2021 tertanggal 19 Februari 2021. Ia juga menjelaskan bahwa Roy tidak memiliki motif politik apapun lantaran kliennya sudah tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik.

“Sudah mengundurkan diri dari dunia perpolitikan Indonesia selama lebih dari dua tahun lalu. Beliau juga berkonsentrasi pada keilmuannya saat ini yaitu di bidang telematika.” kata Pitra.

“Roy Suryo juga tidak mempunyai niatan yang tidak baik terhadap hal tersebut (mengunggah foto stupa mirip Jokowi),” jelas Pitra.

 

BACA INFO BERITA LAINNYA DI PENGENVIRAL.COM